ASYIKNYA BERLIBUR DI BUMI PERKEMAHAN SUKAMANTRI

Pada hari Jumat tanggal 31 Oktober 2014 kami bingung untuk memilih tempat liburan yang cocok untuk melepas kepenatan setelah satu minggu bekerja (5 hari kerja) ceritanya sich sedang long week end nich. Kebetulan saya bekerja disalah satu instansi dari hari Senin hingga Jumat sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu Saya libur dari kegiatan yang banyak menguras tenaga dan pikiran di kantor.
     Terbersit dalam pikiranku untuk mengajak istri tercinta berlibur ke tempat yang dapat menentramkan hati dan jiwa dengan menyaksikan keindahan alam dan mengagumi hasil ciptaan Allah SWT dengan cara bermalam dialam terbuka, yaitu BERKEMAH.....
     Setelah bersurfing ria di alam browser, akhirnya kutemukan tempat yang pas dan cocok untuk kami mencoba melakukan camping (he..he.. pengalaman pertama nich...!) yaitu di Wana Wisata Sukamantri, dari info yang didapat disana terdapat bumi perkemahan (buper), wah ... bisa kita buktikan nich dengan mendatangi tempat tersebut.
Menuju pintu Portal Ambil Jalan Kiri
   Info yang kudapat saat browsing tentang Wana Wisata Sukamantri Bogor terletak di Kecamatan Taman Sari Kabupaten Bogor. Berada di ketinggian 800 m dan berjarak 13 km arah selatan Kebun Raya Bogor, buper ini sangat mudah dijangkau oleh terutama oleh warga Bogor dan Jakarta. Cukup menemukan jalan Kapten Maulana Yusuf, melewati pemandian umum Taman Sari, di ujung desa Sukamantri anda akan menemukan jalan masuk menuju buper. Tidak terlalu mencolok memang karena relatif minimnya papan pengenal.

Portal yg selalu tertutup
Saat menuju Portal yang selalu tertutup, nanti akan bertemu dengan penjaga AOP yang akan membukakan portal tersebut. Buper Sukamantri berjarak
5 km dari desa Sukamantri dengan kondisi jalan masuk berbatu membuat sedikit perbedaan antara daerah perdesaan, melewati peternakan sapi  dan kawasan hutan.

Gapura Masuk kawasan hutan lindung
Disarankan untuk tidak menggunakan mobil jenis sedan karena bisa menggores bagian bawah kendaraan. Setelah 2 km melalui jalan berbatu, Repotnya bila dalam perjalanan menuju hutan bila berpapasan dengan mobil yang akan keluar, karena sempitnya jalan yang di lalui, Selanjutnya kita akan mulai menemui lebatnya pepohonan yang pinus menambah nuansa petualangan hutan salah satu lereng Gunung Salak setelah melewati gapura seperti dalam gambar.

Awal kita memasuki hutan perasaan ragu terasa apakah ada kehidupan atau tidak, karena yang kita temui adalah jalan sempit berbatu, dan  rindangnya pohon pinus di kanan kiri kita (maklum baru survey pertama kali ke tempat ini)  serta kekhawatiran bila jalan didepan adalah buntu karena akan mengalami kesulitan bila kita akan berputar   balik. Untuk menepis semua perasaan itu kami sempatkan untuk berfoto ria di pinggir jalan hutan pinus.

Setelah melepas lelah sebentar dengan berfoto-foto dan minum serta makan snack perbekalan kami melanjutkan perjalanan menyusuri jalanan berbelok, sempit dan berbatu, akhirnya sampailah kami di gerbang masuk Wana Wisata Sukamantri. Lalu kami melakukan register dengan penjaga gerbang dengan mencatat pada buku kunjungan serta membayar tiket untuk bermalam hanya Rp. 40.000,- saja, tidak jauh dari situ terdapat warung kecil yang berjajar menjajakan makanan
Gapura pintu masuk wana wisata
Warung kecil yang berjajar dekat Perkemahan

Fasilitas yang ada di sana selain warung ada juga aula pertemuan, mushola, sendang serta toilet yang disiapkan untuk kenyamanan pengunjung.  Lalu kami sempatkan untuk ke toilet dan melakukan ibadah shalat di mushola tersebut.

Toilet
Sendang

Mushola
    Selesai itu kami mulai membangun tenda, untuk tempat beristirahat setelah melakukan perjalanan yang melelahkan. Tenda pun berdiri dan kami pun melanjutkan untuk melayangkan seluas-luasnya pandangan kami ke sekeliling lereng bukit yang indah dimana saat sore pun sudah terlihat kabut yang menyelimuti sambil berfoto-foto ria.
     Bumi Perkemahan Sukamantri menjadi tempat yang patut direkomendasikan untuk akhir pekan singkat di ketinggian. Tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, pacar, atau siapapun dan jangan sendirian. Inilah penampakan kami saat menikmati alam di Wana Wisata Sukamantri.

Berfoto dg Background kabut di perbukitan

Bersantai di Pos penjagaan sambil minum kopi